akan selalu ada penilaan dari setiap diri, mau itu penilaian baik ataupun penilaian buruk

.

akan selalu ada pernyataan dari setiap diri, mau itu pernyataan fakta ataupun pernyataan fiksi

.

dan akan selalu ada pertanyaan dari setiap diri, mau itu pertanyaan tentang masa kini atapun pertanyaan tentang masa lalu

.

.

kita tak akan pernah terlepas dari 3 hal itu, tapi kita bisa menyikapi dengan sebaik mungkin

seperti saat kau ditanya tentang sesuatu yang tak ingin kau jawab

seperti saat kau di nilai tentan sesuatu yang tak kau lakukan

dan seperti saat kau ditekan untuk menyatakan sesuatu yang tak ingin kau ungkapkan

.

.

setiap kita punya bagian

setiap kita punya cerita

setiap kita punya kenangan

dan setiap kita punya masa lalu, baik atau tidak masa lalu itu kembali pada cara kita memaknainya

.

.

aku belajar saat pertanyaan yang sama selalu muncul

aku belajar saat penilaian yang sama selalu terdengar

dan aku belajar saat ada pernyataan yang sama tentang sebuah cerita yang telah lama ku tutup.

ada rasa kesal lagi marah saat semua yang telah ku tinggalkan di ungkap lagi ke permukaan meski pada akhirnya aku hanya mampu tersenyum dan berkata “mereka teramat peduli 🙂 ”

.

.

mungkin tak akan ada yang benar-benar lupa tapi pasti ada yang benar-benar memaafkan

mungkin tak akan ada yang benar-benar hilang tapi pasti ada yang benar-benar mengikhlaskan

dan mungkin tak akan ada yang benar-benar mengerti tapi pasti ada yang benar-benar memahami

.

.

salam, dari aku yang sedang belajar melihat sebuah kondisi pada sudut pandang yang berbeda ^^

 

Nita Lisnawati Siregar

6 Juni 2017

